sejarah terbentuknya benua

 

Sejarah Terbentuknya Benua

Perlu diketahui juga bahwa selama perjalanan waktu, bumi selain mengalami perubahan bentuk serta konfigurasi benuanya juga berubah iklimnya.

Perkembangan bumi baik bentuk serta iklim inilah yang mempengaruhi perkembangan mahluk hidupnya. Perubahan mahluk hidup ini yang kita kenal dengan mana evolusi.

Berikut ini gambaran perkembangan benua-benua di bumi sejak 250 juta tahun lalu

Melanjutkan yang sebelumnya …

Awal Trias (237 Mya)

Awal Jaman Trias 237 Mya

Supercontinent Pangea, terbentuk pada Jaman Trias, pada saat ini binatang darat mulai berpindah (migrasi) dari kutub selatan ke kutub utara. Keberagaman mahkluk hidup yang sudah banya berkembang pesat mulai mengalami kepunahan pada Permo-Triassic juga binatang yang hidup di air hangat tersebar menyeberangi laut Tethys.

Pada akhir Jaman Trias Pangea mulai terpisah lagi.

Awal Jaman Yura (195 Mya)

Awal Jura 195 Mya

Awal Jamn Jura, Asia tengah dan selatan mulai tersusun. Samodera Tethys yang luas mulai terpisah, dan memisahkan benua disebelah utara dari benua Gondwana

Pada awal Jura ini pula Dinosaurus mulai tersebar meluas bahkan menyeberangi benua Pangea.

Pertengahan Jaman Jura

Pertengahan Jaman Jura 152 Mya

Pada pertengahan Jaman Jura ini Pangea mulai terpecah. Sedangkan pada akhir Jura samodera Atlantik tengah menjadi sempit memisahkan Afrika dari Amerika Utara dan dari Gondwana.

Akhir Cretaceous (94 Mya)

Akhir Cretaceous 94 Mya

Selama Cretaceous Samodera Atlantik bagian selatan terbentuk dan memisahkan Amerika selatan dengan Afrika. India mulai melepaskan diri dari Mandagascar.

Perhatikan Amerika utara sudah terhubung dengan Eropa dan Australia masih bersatu dengan Antartika.

Batas K-T Boundary (66 Mya)

Batas Kapur – Trias 66 Mya

Akhir dari kehidupan binatang raksasa termasuk dynosaurus.

Lihat adanya titik merah yang diperkirakan lokasi tempat jatuhnya meteor yang menyebabkan punahnya binatang-binatang besar pada masa itu. Akibat dari tumbukan ini menyebabkan perubahan iklim yang mempengaruhi lingkungan hidup.

Sampai akhir Cretaceous banyak lautan yang mengisi daratan rendah, perhatikan India yang mulai berjalan ke arah utara menuju “proto Himalaya“.

Awal Cenozoic (50.2 Mya)

Pertengahan Eocene 50 Mya

Ini diawali dengan bertumbuknya India ke benua Asia. Tumbukan ini membentuk dataran tinggi tibet.

Australia yang sebelumnya rapat dengan Antartika mulai terpisah bergerak ke utara.

Jaman Miosen Tengah (14Mya)

Jaman Miosen Tengah 14 Mya

Sejak 20 juta tahun sebelumnya Antartika tertutup oleh es.

Bumi sudah “mirip” dengan bumi saat ini. Karena tektonik yang aktif hanya ada di Asia Tenggara. Termasuk Indonesia.

Tetapi dataran florida dan bebrapa bagian asia masih tergenang air berupa lautan dangkal.

Bumi masa kini yang memiliki iklim yang pas.

Bumi masa kini

Bumi moderen ini merupakan kunci untuk rekonstruksi sebelumnya. Juga pergerakan yang ada saat ini merupakan bahan untuk memperkirakan bentuk bumi dimasa mendatang.

Iklim global saat ini menuju ke pemanasan. Apakah ini natural ? yang pasti setelah jaman es secara perlahan namun pasti bumi mengalami penambahan gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan.

P

 

 

 

 

Eropa merupakan Benua Termaju

Sebenarnya Benua Eropa dan Asia merupakan satu kesatuan daratan dan hanya dipisahkan oleh Pegunungan Ural. pegunungan itu relatif rendah dengan puncaknya  setinggi 1.894 meter. karena menjadi satu itulah, Eropa dan Asia sering dianggap sebagai satu benua dan dinamakan Erasia.

Eropa mempunyai luas wilayah paling kecil kedua setelah benua Australia. Luasnya sekitar 10.523.000 km2 atau seperempat luas Asia, atau sekitar lima kali luas Indonesia.

jarak antara ujung barat dan timur sekitar 6.400 km, sedangkan jarak ujung utara dan selatan sekitar 4.800 km. semua wilayahnya berada di bagian utara khatulistiwa. Di sekeliling daratan utamanya, terdapat banyak pulau dan kepulauan, di antaranya Kepulauan Inggris atau Britania raya. wilayah Denmark sebagian besar berupa kepulauan.

Wilayah Eropa secara garis besar terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :

1. Daerah pegunungan di bagian selatan,

2. Daerah pegunungan di sebelah utara, dan

3. Dataran rendah diantara kedua peegunungan tersebut.

pegunungan sebelah selatan, meliputi pegunungan Alpen. Di pegunungan sebelah Utara, pada masa lalu ditutupi lapisan es yang tebal. karena banyak terjadi kikisan oleh es, maka banyak terdapat danau disini. Di dataran rendah banyak terdapat negara dengan kota-kotanya yang padat. Eropa mempunyai banyak sungai yang terkenal, antara lain, Sungai Donau, Elbe, Rhein, Rhone, Seine, Thames, dan Volga.

secara umum, wilaytah Eropa terletak di daerah beriklim sedang dan sub tropik. secara garis besar, Eropa terbagi dalam tiga wilayah iklim yang berbeda, yaitu :

1. bagian barat laut

2. bagian selatan, dan

3. bagian utara dan pedalaman Eropa

bagian barat laut beriklim sedang dan banyak terpengaruh oleh laut tengah. Curah hujannya cukup banyak dan suhunya sejuk. Di bagian selatan beriklim sub tropik dan di pengaruhi oleh laut tengah.

Di bagian utara dan pedalaman Eropa, pada umumnya beriklim dingin. Di utara, curah hujannya cukup banyak, sedangkan di pedalaman agak kurang.

sekalipun wilayahnya relatif kecil, Eropa merupakan benua termaju dan besar pengaruhnya terhadap perkembangan sejarah dunia. banyak penemuan ilmu, tehnologi, dan seni budaya lahir di benua ini.

secara politis, Eropa meempunyai pengaruh sangat besar. Negara, seperti Inggris, Prancis, Belanda, Spanyol, dan portugis sebelum perang Dunia II mempunyai banyak daerah jajahan.

Negara besar seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia mempunyai peradaban yang dipengaruhi oleh peradaban Eropa. bahkan bahasa inggris, Jerman, dll banyak digunakan di Dunia.

pengaruh negara Eropa juga cukup dominan, terutama disektor Ekonomi. Empat dari tujuh negara raksasa ekonomi berasal dari Eropa, yaitu Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia. Negara lainnya dalah Amerika serikat, Jepang, dan Kanada.

Penduduk Eropa sekitar 834.556.520 jiwa pada tahun 2006 atau hampir seperdelapan penduduk dunia. Dari jumlah itu hampir 142.893.540 jiwa tinggal di Rusia. sebagian wilayah bekas Uni soviet ada di Benua Eropa dan sebagian di Asia.

Negara yang paling banyak penduduknya di Eropa adalah negara Rusia, kemudian disusul Jerman yang berpenduduk 82.422.299 jiwa. Vatikan merupakan negara paling kecil, baik luas negaranya maupun jumlah penduduknya.

penduduk Eropa mayoritas beragama Katolik, terutama katolik Roma dan Kristen. selain itu, penduduknya ada juga yang beragama Islam, Yahudi, dsb. Mereka beragama Islam berdomisili di wilayah Albania dan Turki.

Eropa mempunyai 50 bahasa dan 100 dialek. Bahasa yang terbesar adalah keluarga bahasa Indo-Eropa dan mempunyai tiga cabang besar, yaitu Balto-Slavia, Germanika, dan Romanika.

Comments are closed.